Postingan

Batu tapak di duga jejak kaki sunan bonang

Gambar
desa gowak, salah satu kecamatan yang ada di kab. Rembang di duga ada jejak  kaki sunan bonang bagian kiri di batu andesit, karena faktor alam dan tidak terawatnya situs tersebut maka bekas jejak kaki tsb sudah mulai terkikis, ada lagi jejak kaki kanan letaknya agak jauh dari lokasi tsb yang masih terlihat mulus, yaitu berada di desa kajar.  marilah kita semua menjaga warisan benda sejarah yang pernah ada.

BATU KARANG YANG BERADA DI HUTAN

Ia menatap laut setiap harinya dan dengan setia tanpa mau meninggalkannya itulah Batu Karang. Ia selalu rela mendapat hantaman deburan ombak,  namun ia hanya diam saja, karena ia tau Laut sangat membutuhkanya. dimana ada Laut disitu ada Batu Karang, seperti pasangan muda mudi yang berjanji setia sehidup semati selalu bersama baik suka maupun duka. Namun itu semua tidak berlaku di Desa Woro Kragan. ia seolah-olah terdiam membisu tanpa bisa berkata-kata. Laut yang merupakan simbol keberadaanya, tidak menghampirinya, bahkan meyapanya dengan deburan ombakpun merupakan sesuatu yang sangat mustahil. Hanya   pohon – pohon tinggi dan rindang yang menyapanya dengan belitan dan cengkraman akar-akar pohon  sehingga ada batu-batuan yang seolah-olah menggantung seperti ingin lari dan mencari dimana keberadaan Laut. Tapi apa daya, sesuatu yang tidak mungkin akan ada air laut akan menghampirinya karena Batu Karang berada di Tengah hutan Kecamatan Kragan – Kabupaten Rembang. Berada  di dar

TERNYATA ADA GARAM DI PEGUNUNGAN LASEM

Gambar
Pribahasa Asam di gunung Garam di laut, ternyata tak selamanya benar. Hal itu ditandai dari banyaknya penemuan serbuk garam di pegunungan Lasem tepatnya yaitu berada di desa woro kecamatan Kragan Rembang. Saat kami jelajah dipegunungan Lasem, Ada hal tak biasa yang bisa kita temukan. Garam yang biasanya berasal dari laut, bisa ditemukan di gunung perbukitan woro kec.Kragan dengan ketinggian sekitar 300mdpl dan jarak dengan laut 5.2KM Ditengah hutan jauh dari pemukiman penduduk, kami bersama tim dan di dampingi Perhutani setempat melewati medan yang cukup extreme sampailah kami di lokasi tsb, kemudian para tim mencoba menjilat serbuk garam yang menempel di bebatuan ternyata memang rasanya asin. Menurut keterangan balar Jogja saat kami kontak ternyata Pegunungan Kapur Utara (Rembang-Madura) memang bekas laut yang terangkat akibat proses subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia. Itulah sekilas penjelajahan kami di pegunungan Lasem yang banyak menyimpan misteri.

berhasil muncak argo jalur gowak

28 juli 2021 Kali ini kami bertiga berhasil muncak Argo lewat jalur Gowak Lasem. Setelah beberapa kali selalu gagal akhirnya berhasil juga lewat jalur Gowak. Keberhasilan kali ini adalah Koh Lam (teman saya ) yang menjadi kunci karena tanpa dia mungkin saya tidak menemukan puncak Argo lewat jalur Gowak. Sebenarnya rencana kali ini adalah sudah direncanakan 5 hari sebelumnya tetapi persiapan saya kurang matang. Pagi itu seperti biasa motor saya parkir ditempat rumah warga desa Gowak, lalu kami bertiga memulai jelajah menuju puncak argo dan entah mengapa saya selalu bertemu Pak Sutaji kalau kesini, yaitu warga desa Gowak yang ramah, saat itu pak Sutaji sedang memanen padi milik tetangganya kemudian ngomong2 sebentar lalu kami melanjutkan perjalan kembali. Jelajah kali ini menyusuri sungai nggedari sampai mentok, banyak rintangan yang dihadapi karena sering berjalan diatas bebatuan kadang menaiki batu yang besar, hutan nya jarang dijamah orang dan para pendaki yang mau kepuncak argo juga

keindahan gunung Lasem

Gambar
indah-nya kabut gunung Lasem Pagi itu kamis 17 juni 2021 adalah dimana saya sedang jenuh berada di rumah, dan berfikir mau refresh fikiran tapi dimana ya… "masih bingung dalam hati" . Jam 10.00 saya membuka aplikasi WA dan kubaca ada chat masuk dari teman yang berada di Lasem, biasanya kalau pagi sampai sore hari saya jarang mengaktifkan data seluler agar kerjaan bisa fokus tidak terganggu, mungkin karena ada sinyal batin antara aku dan teman dari Lasem, secara tiba-tiba saya ingin membuka WA lalu kubaca walau agak telat karena dia chat saya jam 09.00 baru kubaca jam 10.00 isi chatnya adalah dia mengajak muncak Argo Lasem jam 10.00 kemudian saya balas kalau saya nggak bisa ikut karena dadakan, kan muncak Argo Lasem itukan perlu latihan fisik dan persiapan perbekalan lainnya, kemudian dia bilang dalam WA  "nggak usah persiapan, jalan-Jalan saja" kemudian saya balas "oke, aku tak manasi motor dulu" dalam perjalanan menuju tempat berkumpul di Lase

muncak Argopuro Lasem jalur Gowak yang gagal

Mencari puncak argopuro Lasem yang gagal Berwal dari rasa penasaran saya yang mengganggu fikiran dan sampai saat kutulis cerita ini pun masih mengganggu fikiranku karena masih belum berhasil mencapai puncak tertinggi di kabupaten Rembang yang di namakan Argopuro. Kami berencana akan muncak argo dengan tiga orang tapi teman yang satunya selalu ada halangan, entah itu motornya rusak atau lagi ada acara keluaraga ataupun yang lainnya. Akhirnya kami berangkat berdua saja. Kamis 25 maret 2021 M Setelah persiapan alat2X dirasa sudah cukup akhirnya kami berangkat dari Kecamatan Rembang pagi hari memakai armada satu sepeda motor, setelah perjalan kurang lebih 45 menit sampailah kami di parkiran motor desa Gowak, saat saya akan memarkirkan motor tersebut, saya sempat jatuh dari motor karena kurang hati2X,dengan mengucapkan sukur kepada Allah karena saya hanya lecet2X sedikit dibagian tangan dan kaki, dan saat itu teman saya sudah turun dari motor yang sebelumnya membonceng saya, mungkin ini ada

argo lasem

Gambar
Kali ini aku akan menceritakan tentang petualanganku digunung Lasem bersama teman-temanku. Kami bertiga berasal dari kec.Rembang, kab.Rembang, provinsi jawa tengah, Negara Indonesia, Asia tenggara, planet bumi. Maaf biar lengkap dan lucu, padahal tidak lucu.. hehe Dan sebenarnya kami bertiga adalah personil POWER RANGERS dan juga temannya BATMAN tapi jangan bilang siapa 2X ya… Oke langsung saja.  Kami berangkat dari Rembang sekitar jam 5 pagi, tapi sebelumnya ini adalah cerita petualangan sudah sekitar 2 tahun yang lalu dan baru kutulis di blog saya ini. Dari Rembang kami memakai armada dua sepeda motor, sebenarnya saya mau pakai mobil tapi masih ditempat dealer dan belum saya ambil. Ketika kami dalam perjalanan cuaca memang mendung dan sempat gerimis dan saya mencoba meyakinkan kedua temanku agar tetap tenang, tetaplah lanjut walaupun nanti kita sudah di tempat parkiran motor kok tambah hujan deras ya kita cukup ngopi 2X saja diwarung.. Kata saya.  Padahal saya ingin sekali hari ini s